Bahaya lensa Kontak Pada Mata Anda

Saat ini, ada lebih dari 125 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan lensa kontak secara teratur. Apa yang mereka mungkin tidak tahu adalah bahwa memakai lensa kontak menempatkan Anda pada risiko beberapa kondisi serius dari self-limiting ke penyakit yang mengancam penglihatan seperti bisul kornea dan infeksi mata seperti keratitis Acanthamoeba.

Infeksi mata Acanthamoeba pada pemakai lensa kontak jarang tetapi serius, dan mereka sering mulai karena penanganan lensa yang tidak tepat dan kebersihan yang buruk.

Keratitis Acanthamoeba tingkat lanjut dapat menyebabkan “cincin” putih untuk menutupi iris, serta kemerahan pada putih mata.

Perawatan lensa kontak yang tepat sangat mengurangi risiko semua infeksi mata terkait lensa mata, termasuk yang disebabkan oleh Acanthamoeba.

Pencegahan selalu merupakan pendekatan terbaik, karena keratitis Acanthamoeba bisa sangat sulit diobati; Bahkan, kadang-kadang infeksi ini memerlukan transplantasi kornea, yang merupakan prosedur bedah yang serius.

Apa Acanthamoeba?

Acanthamoeba adalah amuba alami (kecil, hewan bersel satu) yang umumnya ditemukan di sumber air, seperti air ledeng, air sumur, bak air panas, dan tanah serta sistem pembuangan kotoran.

Jika parasit kecil ini menginfeksi mata, Acanthamoeba keratitis terjadi. Kondisi ini pertama kali didiagnosis pada tahun 1973, dengan sekitar 90 persen kasus melibatkan pemakai lensa kontak.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dan peneliti lain telah mencatat wabah sporadis kasus keratitis Acanthamoeba di antara pemakai lensa kontak.

Apa Penyebab Acanthamoeba Keratitis?

Faktor dan kegiatan yang meningkatkan risiko kontraksi Acanthamoeba keratitis termasuk menggunakan keran yang terkontaminasi atau air sumur pada lensa kontak, menggunakan solusi buatan sendiri untuk menyimpan dan membersihkan kontak, memakai lensa kontak di bak mandi air panas dan berenang atau mandi sambil memakai lensa.

Casing lensa yang kotor juga bisa menjadi sumber infeksi Acanthamoeba.

Selain itu, beberapa ilmuwan berteori bahwa peraturan Badan Perlindungan Lingkungan AS yang bertujuan untuk mengurangi karsinogenik (berpotensi menyebabkan kanker) produk seperti disinfektan dalam pasokan air mungkin secara tidak sengaja meningkatkan risiko mikroba, termasuk kemungkinan peningkatan untuk menemukan Acanthamoeba dalam persediaan air.

Peneliti lain mengasosiasikan peningkatan terbaru pada infeksi mata terkait lensa kontak dengan pengenalan sistem perawatan lensa “no-gosok” yang dapat mengakibatkan pembersihan dan desinfeksi lensa kontak yang kurang efektif.

Bagaimana Anda Tahu Jika Anda Memiliki Acanthamoeba Keratitis?

Gejala keratitis Acanthamoeba termasuk mata merah dan sakit mata setelah melepas lensa kontak Anda, serta merobek, sensitivitas cahaya, penglihatan kabur dan perasaan bahwa ada sesuatu di mata Anda.

Dengan jenis gejala ini, Anda harus selalu menghubungi dokter mata Anda. Namun perlu diingat bahwa keratitis Acanthamoeba sering sulit untuk dokter mata Anda untuk mendiagnosis pada awalnya, karena gejalanya mirip dengan gejala mata merah muda dan orang-orang dari infeksi mata lainnya.

Diagnosis keratitis sering terjadi setelah ditentukan bahwa kondisi ini resisten terhadap antibiotik yang digunakan untuk mengelola infeksi lain. Sebuah ulserasi “seperti cincin” dari jaringan kornea Anda mungkin juga terjadi.

Sayangnya, jika tidak segera diobati, keratitis Acanthamoeba dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen atau memerlukan transplantasi kornea untuk memulihkan penglihatan yang hilang.

Bagaimana Anda Dapat Mengurangi Risiko Mendapatkan Acanthamoeba Keratitis?

Ada beberapa cara mudah untuk mengurangi kemungkinan mendapatkan kondisi penglihatan yang mengancam ini – dan, pada kenyataannya, semua jenis infeksi mata terkait lensa kontak:

  • Merawat Lensa Kontak Mata Anda.
  • Ingat untuk juga membersihkan dan mensterilkan kasus lensa Anda, untuk menghindari kontaminasi Acanthamoeba.
  • Ikuti rekomendasi dokter mata Anda mengenai perawatan lensa kontak Anda. Gunakan hanya produk yang dia sarankan.
  • Jangan gunakan air keran dengan lensa kontak Anda. FDA telah merekomendasikan bahwa lensa kontak tidak boleh terkena air apapun.
  • Jangan berenang, mandi atau menggunakan bak mandi air panas saat mengenakan kontak. Jika Anda memutuskan untuk memakai lensa Anda saat berenang, pakailah kacamata renang kedap udara di atasnya.
  • Pastikan untuk merendam lensa Anda dalam larutan desinfektan segar setiap malam. Jangan menggunakan larutan
  • pembasahan atau larutan garam yang tidak dimaksudkan untuk disinfeksi.
  • Selalu cuci tangan sebelum memegang lensa Anda.
  • Kecuali Anda memakai lensa kontak sekali pakai yang diganti setiap hari, selalu bersihkan kontak Anda segera setelah penghapusan, gosok lensa di bawah aliran larutan serbaguna – bahkan jika menggunakan solusi “no-gosok” – dan simpan dalam wadah bersih yang diisi dengan segar (tidak “diakhiri”) solusi multiguna atau disinfektan.
  • Merawat Kasus Lensa Kontak Anda
    Kebersihan dan perawatan yang tepat sama pentingnya untuk kasus lensa kontak.

Sangat penting untuk membersihkan, membilas dan mengeringkan kasus lensa kontak Anda segera setelah melepas lensa Anda dari casing. Buang solusi lama dan gosok dinding bagian dalam casing dengan jari bersih setidaknya selama lima detik. Kemudian isi casing dengan larutan multiguna atau saline steril (bukan air keran atau air botol), buang ini, dan simpan casing terbalik dengan tutup.

Sebagai tindakan pencegahan ekstra, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mensterilkan lensa kontak kosong Anda seminggu sekali dengan merendamnya dalam air mendidih selama beberapa menit.

Banyak dokter mata juga mengatakan Anda harus membuang dan mengganti wadah lensa kontak Anda setiap bulan atau, minimal, setiap tiga bulan untuk membantu mencegah kontaminasi.

Sekali lagi, pencegahan adalah pertahanan terbaik Anda terhadap keratitis Acanthamoeba. Selalu gunakan kebersihan yang baik selama penggunaan dan perawatan lensa kontak. Dan jika Anda melihat gejala mata yang tidak biasa yang mungkin menandakan infeksi, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.