Cara Membersihkan Aquarium Katak

Meskipun katak adalah hewan peliharaan yang pemeliharaannya rendah, mereka membutuhkan lingkungan yang bersih agar bebas dari penyakit. Amfibi kecil yang lucu ini ditumpahkan secara teratur, mengeluarkan lendir melalui kulit mereka, mandi dengan air minum dan makan makanan hidup, yang semuanya berkontribusi terhadap penumpukan limbah di tangki mereka. Sangat penting untuk membersihkan seluruh akuarium katak Anda secara berkala, serta mengganti air secara berkala untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri. Setelah Anda terbiasa dengan prosesnya, itu tidak akan memakan banyak waktu sama sekali.

Siapkan air terlebih dahulu untuk ditambahkan ke akuarium bersih Anda. Isi wadah dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah air yang Anda butuhkan untuk tangki khusus Anda, dan kemudian gunakan air untuk menghilangkan klorin. Biarkan air duduk semalaman.

Lepaskan katak Anda dan letakkan di rumah sementara jika Anda melakukan pembersihan lengkap. Anda dapat membeli tangki plastik kecil untuk keperluan ini di sebagian besar toko hewan peliharaan. Jika Anda hanya merapikan dan mengganti air, Anda dapat meninggalkan katak di dalam tangki.

Kuras 25 hingga 75 persen air dari tangki Anda, tergantung seberapa kotor air itu dan berapa lama sejak Anda melakukan perubahan air parsial. Gunakan selang siphon, filter Anda atau wadah plastik untuk mengeluarkan air.

Ambil sebagian besar kerikil atau substrat dari bagian bawah tangki Anda. Kecuali Anda membersihkan dan membersihkan untuk mengobati penyakit, tidak apa-apa meninggalkan kerikil atau substrat. Tempatkan bahan ke saringan halus, dan kemudian gunakan air panas dan sikat untuk membersihkan ganggang atau puing-puing lainnya. Bilas dengan baik dan sisihkan agar udara kering.

Cari serangga yang belum dimakan atau makanan lain yang tersembunyi di dalam akuarium katak Anda. Hapus apa pun yang Anda temukan. Meninggalkan ini di dalam tangki akan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Juga, cari kulit yang mungkin tertinggal setelah siklus pelepasan katak Anda.

Lepas dan gosok tanaman plastik atau benda dekoratif lainnya. Bilas dengan baik dan kembali ke tangki.

Bersihkan bagian dalam dan luar akuarium dengan handuk kertas. Jangan membersihkan dinding tangki dengan pembersih kimia apa pun.

Ganti kerikil atau substrat secara perlahan dan hati-hati.

Tambahkan air baru ke tangki untuk menggantikan air yang Anda buang. Jika katak Anda akuatik, isi ulang tangki. Jika semiaquatic atau terestrial, ganti air yang diambil dari area berenang.

Kembalikan katak Anda ke rumah bersih mereka jika ditempatkan di perumahan sementara. Beri mereka waktu untuk beradaptasi dan tenang sebelum mengganggu mereka lagi.