Cara Menanam Bayam Secara Hidroponik

Bayam atau Spinacia oleracea L. milik keluarga Chenopodiaceae. Keluarga Chenopodiaceae juga termasuk tanaman seperti bit (Beta vulgaris L. subsp. Vulgaris) dan chard (swiss chard: Beta vulgaris L. var cicla: Ulrich) Varietas swiss chard yang paling dikenal di antara petani adalah Ford Hook Giant. Kebanyakan orang menganggap swiss chard sebagai bayam yang sebenarnya. Ada perbedaan yang halus. Swiss chard memiliki daun yang lebih besar dan lebih keras dengan urat putih yang besar sedangkan bayam asli memiliki daun yang lebih lembut dan lebih kecil dengan urat lunak berwarna hijau. Tidak perlu untuk menghapus batang dan vena dari bayam, namun, kebanyakan orang mengeluarkan vena dari swiss chard.

Di bawah perbedaan antara bayam bayi dan bayam swiss. Daun bayam bayi lebih lunak dan lebih kecil. Batang tidak pernah menjadi keras sehingga mereka juga dimasak. Bayam bayi dapat ditanam hingga 100 tanaman / m² (± 10 tanaman / ft²). Bayam bayi lebih sulit tumbuh karena sensitif terhadap panas dan stres air. Ini adalah salah satu tanaman termudah untuk tumbuh dan akan selalu ada pasar untuk produk tersebut. Baru-baru ini telah ada perkembangan signifikan dalam pengembangan varietas. Ini telah membantu petani untuk menembus berbagai segmen khusus lain dari pasar bayam. Beberapa varietas bayam memiliki daun yang sangat lembut (terutama bayam) yang sering digunakan dalam campuran salad yang sebelumnya tidak mungkin karena daun chard keras dan tebal.

Pembentukan bayam

Kepadatan penanaman

Bayam adalah tanaman keras yang akan tumbuh dalam berbagai kondisi iklim. Ini adalah salah satu dari sedikit tanaman yang dapat ditanam dengan sukses selama musim panas dan musim dingin. Sebagian besar petani bayam menggunakan sistem hidroponik tertutup untuk menumbuhkan bayam mereka. Sistem ini memiliki tempat tidur selebar 1m dengan pembagi di antaranya menghasilkan dua saluran masing-masing sekitar 0,5m. Kepadatan penanaman bervariasi antara 8 dan 16 tanaman / m2, sementara bayam bayi dapat mencapai kepadatan hingga 100 tanaman / m2.

Kepadatan penanaman akan tergantung pada faktor-faktor seperti:

  • Jenis dan variasi bayam
  • Iklim daerah
  • Peralatan semprot yang digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit

Para petani cenderung menanam dengan kepadatan setinggi mungkin tanpa menyelidiki efeknya terhadap pertumbuhan tanaman dan kualitas produk akhir. Cukup sering iklim mikro di daerah itu, mempengaruhi pilihan yang mungkin dimiliki petani. Contoh klasik adalah gulma. Jika sistem terletak di sebelah lapangan terbuka di mana ada banyak gulma dan tanaman asli, serangga tanaman ini cenderung bermigrasi dan meningkatkan populasi serangga tanaman. Dalam hal ini seseorang harus menanam pada kepadatan yang lebih rendah untuk mencapai kontrol yang lebih efektif terhadap populasi serangga.

Dapat dikatakan bahwa kerapatan tanam optimal untuk swiss chard adalah antara 10 dan 12 tanaman / m2 dan untuk bayam antara 12 dan 14 tanaman / m2. Bayam bayi akan bervariasi tergantung pada jenis media pertumbuhan yang digunakan. Batu penghancur yang lebih halus akan memungkinkan kepadatan yang lebih tinggi, namun, pastikan bahwa gradien cukup curam untuk memastikan tidak ada penumpukan air (pembentukan genangan, sehingga menarik agas jamur). Kerugian dari menggunakan batu yang lebih halus / kerikil adalah bahwa ketika mengeluarkan tanaman di akhir musim, batu-batu yang lebih kecil cenderung kusut lebih ketat di akar tanaman. Batu yang lebih halus / kerikil harus lebih sering diisi kerikil courser (kerikil berdiameter 10-13 mm).

Pola yang sama dapat digunakan seperti selada saat menanam di selokan. Saat menanam dalam kantong, yang terbaik adalah menanam hanya satu tanaman per kantong. Banyak petani mengikuti panen musim panas seperti tomat, mentimun dan melon dengan tanaman bayam. Bibit atau benih ditanam langsung ke dalam kantong. Seringkali panen sebelumnya bahkan tidak dihapus untuk menghemat waktu dan biaya. Ketika tanaman sebelumnya dihilangkan, disarankan untuk menambahkan setidaknya 50mm media pertumbuhan baru seperti serbuk gergaji atau pasir. Sebagian besar petani yang tidak memiliki pemanas di rumah kaca mereka atau mereka yang menggunakan kain peneduh sebagai perlindungan menggunakan metode tumpangsari ini. Penting untuk diingat bahwa tanaman yang tumbuh cepat harus dipilih dan selada dan bayam ideal untuk situasi ini.

Bayam dapat ditanam langsung (dengan biji) atau transplantasi bibit. Dalam sistem hidroponik yang terbaik adalah transplantasi bibit. Menanam bayam sebagai benih akan mengurangi panjang musim pertumbuhan karena waktu yang terbuang yang digunakan oleh periode perkecambahan yang tidak produktif.

Menanam baik melalui bibit atau biji, bibit harus ditipiskan. Alasannya adalah sangat sulit untuk memisahkan atau kadang-kadang membedakan dua benih yang saling menempel.

Suhu ideal untuk bayam

Bayam, terutama swiss chard dapat tumbuh dengan baik di bawah suhu ekstrem. Swiss chard akan tumbuh pada suhu antara 13 ° C dan 32 ° C dengan penurunan kualitas pada suhu yang lebih tinggi dan pertumbuhan yang sangat lambat pada suhu yang lebih rendah. Bayam tumbuh dengan baik antara 10 ° C dan 28 ° C. Hati-hati saat suhu lebih tinggi; Daunnya lebih tipis dan layu lebih cepat sehingga umur simpan daun dipersingkat. Perlu diketahui juga bahwa akan ada lebih banyak jamur dan bakteri pada daun yang dapat menyebabkan pembusukan pascapanen di toko-toko

Untuk mencapai produk berkualitas tinggi di pasar, bayam harus diperlakukan selama dan setelah panen sama seperti selada. Pemanenan harus dilakukan di pagi hari atau sore hari. Tempatkan produk yang dipanen di tempat yang dingin. Idealnya orang harus memiliki bangunan, di mana penyortiran dan pengepakan dilakukan, didinginkan dan kelembaban ditingkatkan. Ini akan memastikan daun segar di pasar.

Fertigasi

Chard bereaksi terhadap pupuk nitrogen dengan sangat baik. Menambah banyak hasil pada vena putih besar dan keras yang mengurangi kualitas produk. Meskipun hasil tinggi akan dicapai, komponen yang dapat dipasarkan sangat rendah. Tingkat nitrogen adalah tindakan penyeimbangan di mana variasi dan iklim harus diperhitungkan. Petani sering cenderung menambahkan terlalu banyak nitrogen ke bayam dan bayam bayi.

Bayam, terutama chard, dapat ditanam dengan program nutrisi tomat tanpa kehilangan hasil yang signifikan. Yang ideal adalah menanam bayam dengan tanaman berdaun lain seperti daun selada atau daun bawang.

Komisi Eropa harus dijaga antara 1,8 dan 2,3 mS.cm-1. Selama periode dingin, EC bisa sedikit lebih tinggi tetapi selama suhu tinggi penting untuk tidak membiarkan EC naik di atas 2,0 mS.cm-1. Diperkirakan tanaman swiss chard menggunakan hingga 450ml air per hari (tumbuh penuh dengan daun dewasa pada tanaman).

Di bawah ini adalah resep kesuburan umum untuk bayam. Semua nilai dalam ppm atau mg.L-1.

Resep pemupukan untuk bayam yang ditanam secara hidroponik

Pengendalian hama dan penyakit bayam

Bahan kimia terdaftar, seperti yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Nasional Afrika Selatan (1999), yang dapat digunakan pada bayam adalah

  • Tungau: demeton-S-methyl & oxydemeton-S-methyl
  • Thrips: deltamethrin, disulfoton, endosulfan, gamma-BHC, mercaptothion, Parathion, profenofos

Pedoman ini harus diikuti untuk mengendalikan sebagian besar serangga dan penyakit yang ditemukan dalam sistem produksi hidroponik. Anda perlu menentukan bahan kimia mana yang terdaftar untuk negara dan wilayah Anda.

Gangguan fisiologis umum bayam

Gangguan fisiologis bukanlah masalah besar dengan bayam karena musim pertumbuhan daun sangat pendek, apalagi dengan bayam bayi. Gangguan fisiologis yang paling umum yang saya temukan cenderung efek dari semprotan kimia. Jika mereka terjadi, itu ditemukan pada daun yang paling matang. Ini dapat dihilangkan dan Anda harus menunggu sampai daun muda yang lebih muda siap panen.

Panen bayam

Daun luar bayam atau lobak dihilangkan setiap minggu atau dua minggu setelah ukuran yang dibutuhkan pasar Anda. Lamanya waktu tanaman dapat dipanen benar-benar ditentukan oleh pasar Anda. Seiring dengan bertambahnya usia tanaman, pangkal menjadi lebih tebal dan bentuk batang putih yang lebih besar lebih menonjol. Untuk banyak pasar ini tidak dapat diterima, tetapi untuk bayam kelas 2-3 itu akan diterima. Bergantung pada varietas dan iklim, Anda harus bisa mendapatkan 12 minggu panen terus menerus.

Dalam hal bayam bayi berbeda. Daun sukulen yang lembut inilah yang membuatnya dijual. Memanen dengan bijak tanpa memperpanjang tanaman sangat penting. Beberapa varietas tumbuh sangat cepat sehingga Anda dapat memanen seluruh tanaman sekaligus. Dalam hal ini perencanaan yang baik dan mengejutkan penanaman Anda sangat penting tetapi juga sangat padat karya.

Penyimpanan

Tidak disarankan bayam, bayam bayi, atau swiss chard disimpan lebih dari tiga hari. Jika tidak ada pilihan lain, daun bayam dapat disimpan menggunakan tiga metode:

  • Didinginkan dengan air
  • Vakum didinginkan
  • Es dikemas

Sebelum disimpan, semua air yang berlebih harus dibuang untuk mengurangi pembusukan. Pastikan bayam yang dipanen di bawah 22 ° C sebelum disimpan. Jika daun dipanen selama hari-hari hangat itu harus didinginkan dengan air es dingin. Menambahkan klorin ke dalam air akan mengurangi perkembangan pembusukan. Waktu penyimpanan dapat diperpanjang dengan meningkatkan kandungan CO2 dari udara menjadi 10%. Temperatur penyimpanan yang ideal adalah antara 2 ° C dan 10 ° C.

Pemasaran bayam – dan bagaimana perubahannya (Penting, baca !!!)

Bayam adalah salah satu dari sedikit tanaman yang berubah secara fisiologis selama musim pertumbuhannya sedemikian rupa sehingga target pasar Anda dapat berubah. Awalnya batangnya bagus dan tipis, daunnya lembut dan secara visual bayam terlihat bagus. Di sebagian besar segmen pasar, orang akan memasak seluruh daun, termasuk batangnya.

Seiring bertambahnya usia tanaman, batang menebal, menjadi lebih keras dan daunnya lebih ‘kenyal’. Dasar putih batang menjadi jauh lebih luas, hingga 5cm (± 2 in), tanaman merambat daun juga menjadi lebih menonjol dan lebih keras (berkayu).

Bayam muda paling baik dijual dalam kemasan bantal. Sebagian besar batang dihilangkan untuk presentasi yang lebih baik. Begitu bayam sedikit lebih tua, mereka dikumpulkan bersama dengan pita elastis batang mereka, seperti bunga segar.