Pemberian Nutrisi Yang Tepat Pada Tanaman Hidroponik Cabe

Ingin tahu apakah hidroponik efektif untuk menanam cabai?

Ada banyak manfaat dan Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang berbagai jenis sistem hidroponik.

Berikut ini ikhtisar singkat …

Nutrisi hidroponik hanya menggunakan larutan vitamin cair untuk menanam tanaman, bukan tanah. Metode ini sangat menguntungkan cabai karena tingkat pertumbuhan tanaman lada ini meningkat.

Sebenarnya kesalahpahaman umum bahwa semua tanaman membutuhkan tanah untuk tumbuh. Tanah, pada kenyataannya, hanya bertindak sebagai cadangan nutrisi. Menyiram tanaman melarutkan semua nutrisi sehingga tanaman dapat menyerapnya.

Dalam metode hidroponik, tanah tidak digunakan dan akar tanaman hanya tersuspensi dalam larutan nutrisi cair atau campuran yang mengandung kerikil dan rockwool.

Dalam semua kasus, wadah disimpan tertutup kecuali lubang kecil untuk memasukkan batang tanaman. Ini mencegah pertumbuhan alga karena cahaya yang jatuh di akarnya.

Manfaat Cabai Tumbuh dengan Hidroponik

Dengan mengadaptasi teknik hidroponik, Anda memungkinkan tanaman untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dan menghasilkan lebih banyak buah dibandingkan dengan metode penanaman tradisional.

Hidroponik juga merupakan metode yang ideal ketika menanam tanaman lada di luar rumah bukan pilihan yang disukai.

Keuntungan lain dari hidroponik meliputi:

  • • Lebih banyak tanaman dapat ditanam per kaki dibandingkan dengan metode konvensional.
  • • Ini memanfaatkan kelembaban dan nutrisi dengan lebih baik sehingga lebih efisien daripada metode tradisional.
  •  Tidak ada masalah dalam berurusan dengan gulma.
  •  Tidak ada kekhawatiran tanaman terinfeksi oleh penyakit yang ditularkan melalui tanah. (Jika Anda berhadapan dengan hama atau penyakit lada, pastikan untuk membaca artikel ini.)
  •  Seringkali lebih ekonomis daripada berkebun konvensional
  •  Ini adalah proyek do-it-yourself yang mudah dan menyenangkan dan alternatif yang baik.

Hidroponik Solusi Statis

Dalam metode ini, wadah yang diisi dengan larutan nutrisi statis digunakan untuk menanam tanaman. Solusinya aerasi dengan lembut dengan pompa udara sehingga akar mendapatkan oksigen dan stagnasi dicegah. Seperti halnya akuarium, dalam hal ini solusinya diubah setidaknya seminggu sekali. Pada dasarnya, ini disesuaikan sehingga konsentrasi nutrisi yang bermanfaat tetap terjaga.

Hidroponik Aliran Berkelanjutan

Metode ini lebih maju daripada solusi statis dan digunakan dalam pengaturan yang lebih besar yang melibatkan beberapa pabrik. Dalam jenis ini, solusinya dipompa terus menerus di sekitar akar tanaman. Sistem ini juga dilengkapi dengan pengambilan sampel otomatis dan penyesuaian tingkat nutrisi.

Teknik Film Nutrient

The Nutrient Film Technique adalah teknik penanaman tipe aliran kontinu yang paling umum. Di sini akar tanaman diposisikan di selokan sempit yang disegel di mana lapisan air yang dangkal mengalir. Pendekatan semacam itu mendukung sistem akar yang tebal dan juga memungkinkan akar untuk mengakses oksigen dari atas aliran air. Ini membuatnya menjadi metode nutrisi hidroponik yang paling efisien. Namun, sistem ini bisa rumit, menyebabkan kelaparan dan kematian tanaman karena pengurangan aliran.